Kreasi Tenun Batik Lurik Di Pameran Potensi Daerah Sleman Tahun 2011

Kreasi Tenun Batik Lurik Di Pameran Potensi Daerah Sleman Tahun 2011 - Pelaksanaan pameran potensi daerah dan gelar budaya Kabupaten Sleman tahun 2011 yang diselenggarakan di Lapangan Denggung dari tanggal 29 April hingga 08 Mei 2011 menampilkan berbagai potensi yang ada di Sleman. Salah satu yang ditampilkan adalah potensi kerajinan tenun batik lurik dari Kelompok Kerajinan Tenun Lurik ” Lurik Kembangan” Dusun Kembangan Sumber Rahayu Kecamatan Moyudan.

Di ajang pameran potensi daerah kali ini, Kelompok ”Lurik Kembangan” menawarkan berbagai produk kain tenun lurik dengan berbagai corak warna. Selain itu, juga ditawarkan berbagai kreasi busana tenun batik lurik, baik untuk pria maupun wanita. Guna memperkenalkan kreasi tenun lurik, Kelompok Kerajinan Tenun Lurik  ”Lurik Kembangan”, juga menampilkan Alat Tenun Bukan Mesin yang sehari-hari digunakan oleh kelompok ”Lurik Kembangan” untuk memproduksi tenun lurik.  

Sebenarnya, aktivitas menenun kain lurik sudah lama ditekuni oleh sebagaian warga kembangan sumber rahayu. Ketua Kelompok ”Lurik Kembangan”, Susi, mengatakan bahwa sebelumnya warga kembangan merupakan pengrajin tenun lurik untuk kain stagen. Namun sudah 7 tahun terakhir ini, permintaan kain stagen menurun drastis, sehingga mempengaruhi roda perekonomian warga Kembangan Sumber Rahayu. Sejak pertengahan tahun 2010, warga Kembangan mulai berkreasi dan berinovasi memproduksi kain tenun luruk untuk bahan busana. Bahkan mereka juga bekerjasama dengan penjahit untuk memproduksi berbagai busana atau pakaian untuk pria maupun wanita.

Mengenai pemasaran produk. Lebih lanjut, Ketua Kelompok mengatakan ”selama ini, kami pasarkan produk kain lurik ke kantor-kantor instansi pemerintah di sekitar Kecamatan Moyudan, serta di sekolah-sekolah”. Mengikuti pameran, baru pertama kali ini diikuti oleh kelompok Lurik Kembangan ini. Ketua Kelompok Kerajinan Tenun Lurik ”Lurik Kembangan” berharap …”Semoga di ajang Pameran Potensi Daerah kali ini, menjadi berkah bagi produk kami, sehingga produk kami semakin dikenal luas oleh masyarakat Sleman bahkan masyarakat di luar Sleman”, lanjut Susi.

Di ajang Pameran Potensi Daerah ini, Kelompok ”Lurik Kembangan” menawarkan kain tenun lurik seharga dari Rp. 75 ribu hingga Rp. 85 ribu. Sedangkan kreasi busana ditawarkan dari harga Rp. 90 ribu hingga Rp. 150 ribu. Jika penasaran dan tertarik akan kreasi tenun batik lurik, silahkan berkunjung di Pameran Potensi Daerah dan Gelar Budaya Kab. Sleman.

Leave a Reply